Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menerapkan Teknik Pernapasan yang Benar dari SehatQ.com

Teknik pernapasan yang benar merupakan hal yang penting untuk diterapkan pada saat menghadapi kondisi cemas atau sedang dalam keadaan lelah. Anda perlu memahami cara menerapkan teknik pernapasan dengan baik dan benar sesuai rekomendasi dari SehatQ.com.

Menerapkan teknik untuk melakukan pernapasan dengan benar bisa dilakukan dengan mudah, sehingga dapat diterapkan dan menjadi rutinitas sehari-hari. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan teknik dalam mengambil pernapasan dengan benar.

Mengambil Posisi Senyaman Mungkin

Cara pertama yang harus Anda lakukan saat akan memulai pernapasan adalah mencari posisi senyaman mungkin. Posisi yang nyaman ini akan membuat Anda semakin rilex dan pernapasan bisa dilakukan dengan optimal dan penuh konsentrasi.

Teknik Pernapasan

Posisi yang disarankan pada saat akan melakukan pernapasan adalah dalam kondisi duduk dengan nyaman. Anda juga perlu meletakkan bagian ujung lidah di belakang gigi atas agar pernapasan bisa dilakukan dengan maksimal.

Mengeluarkan Napas dengan Perlahan

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengeluarkan napas seakan ingin mengosongkan paru-paru. Keluarkan napas ini dengan sangat rilex agar Anda semakin merasa nyaman dan tenang. Pastikan bahwa Anda mengeluarkan napas seluruhnya.

Pada saat mengeluarkan napas ini, cobalah untuk berkonsentrasi agar teknik yang dilakukan bisa menghasilkan manfaat sesuai dengan yang diharapkan. Anda juga bisa memerintahkan kepada tubuh agar lebih tenang sembari mengeluarkan napas agar tahapan berikutnya bisa dilakukan.

Menarik Napas dengan Tenang

Cara berikutnya yang harus dilakukan adalah menarik napas dengan tenang dan perlahan melalui hidung. Berikan waktu kira-kira selama 4 detik untuk hidung mengambil napas dan memompanya ke paru-paru. Rasakan setiap tarikan napas Anda agar ketenangan yang dirasakan semakin dalam.

Penerapan teknik pernapasan ini memang harus dilakukan secara perlahan agar Anda bisa merasakan setiap tahapannya. Di samping itu, tarikan napas yang perlahan dan dilakukan dengan tenang akan membuat udara lebih mudah untuk mengalir ke dalam tubuh Anda.

Menahan Napas Selama Beberapa Detik

Setelah menarik napas tidak disarankan untuk langsung mengeluarkannya, melainkan Anda harus menahannya selama beberapa detik terlebih dahulu. Berikan waktu sekitar 7 detik untuk menahan napas sembari tetap berkonsentrasi dan fokus agar tetap tenang.

Apabila Anda tidak mampu menahan napas ini selama 7 detik, maka bisa mengurangi durasinya asalkan tidak mengeluarkannya secara langsung. Menahan napas ini bertujuan untuk membuat Anda bisa kembali merasa nyaman dan mengatur agar seluruh bagian tubuh agar bisa tetap rilex.

Menghembuskan Napas Lewat Mulut

Tahapan berikutnya yang perlu dilakukan adalah menghembuskan napas dengan kuat melalui mulut. Saat menghembuskan napas ini, usahakan bibir dalam kondisi mengerucut, hingga terdengar suara napas yang dikeluarkan. Anda bisa menghembuskan napas melalui mulut ini dengan durasi 8 detik.

Tujuan dari mengeluarkan napas dengan kuat melalui mulut disertai bibir yang mengerucut adalah untuk membuat Anda merasa lebih lega. Diharapkan setelah menghembuskan napas ini Anda bisa merasa lebih baik, sehingga setiap hembusannya harus benar-benar dinikmati.

Mengulangi Langkah Tersebut Selama Beberapa Kali

Hal terakhir yang harus diperhatikan saat menerapkan teknik dalam melakukan pernapasan yang baik pada artikel kesehatan ini adalah mengulangi teknik tersebut beberapa kali. Anda harus mengulangi teknik yang benar untuk bernapas tersebut hingga empat kali sampai merasakan ketenangan.

Penerapan teknik untuk pernapasan yang benar ini bisa dilakukan di ruang terbuka atau kamar tidur. Anda bisa melakukannya saat sendirian apabila takut tidak bisa berkonsentrasi ketika sedang banyak orang.

Posting Komentar untuk "Cara Menerapkan Teknik Pernapasan yang Benar dari SehatQ.com"